Penyusunan Prototipe Digital Financing Matching (Kecocokan Pembiayaan) Bagi Umkm Dengan Metode Sistem Pengambilan Keputusan

  • Dyan Avando Meliala Sistem Informasi
Keywords: Sistem Informasi; Pembiayaan; UMKM; Financing Matching

Abstract

AbstrakUMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memiliki komposisi 98 persen dari jumlah unit usaha di Indonesia, serta berkontribusi sangat besar dalam menyediakan lapangan kerja. Dari sekian banyak permasalahan UMKM yang paling sering terjadi adalah masalah pendanaan atau pembiayaan. UMKM di Indonesia belum cukup mendapatkan akses pembiayaan, sehingga para pengusaha sulit untuk mengembangkan usahanya

Dengan berkembangnya teknologi informasi pembiayaan UMKM perlu didukung oleh platform teknologi informasi untuk memudahkan UMKM mendapatkan mitra pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhannya, dimana platform tersebut dapat mempertemukan pelaku UMKM dengan Lembaga Keuangan dalam hal pembiayaan (financial matching). Sedangkan target dari hasil penelitian ini adalah membangun prototipe sistem informasi yang dapat merekomendasikan lembaga keuangan yang sesuai dengan profil UMKM.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi Prototipe Digital Financing Matching (Kecocokan Pembiayaan) bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan Metode Sistem Pengambilan Keputusan. Penelitian ini secara jangka panjang juga bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan bidang komputer. Metode penyelesaian masalah yang digunakan adalah Agile Development Methods yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama atau pengembangan sistem jangka pendek yang memerlukan adaptasi cepat dari pengembang terhadap perubahan dalam bentuk apapun.

Hasil penelitian ini adalah sebuah Sistem Aplikasi Digital Financing Matching UMKM baik berbasis web maupun aplikasi mobile yang mampu memberikan kontribusi bagi dunia usaha khususnya UMKM untuk mendapatkan layanan pembiayaan.

 

Kata kunciSistem Informasi, Pembiayaan, UMKM, Financing Matching

Published
2024-06-24