Petunjuk Penulisan

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Judul naskah maksimal 12 kata yang mencakup isu, metode dan implikasi penelitian. Tidak menyebutkan nama lokasi secara spesifik.

  2. Identitas Penulis, termasuk: nama lengkap tanpa gelar akademik dan tanpa menyebut profesi (dosen/mahasiswa). Penulisan nama, afiliasi dan alamat sesuai dengan template Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT).

  3. Abstrak untuk artikel penelitian (dalam Bahasa Inggris dan Indonesia) menggunakan maksimal 200 kata. Abstrak penelitian harus terdiri dari isu yang diangkat, kesenjangan penelitian, tujuan, metode yang digunakan, hasil dan  implikasi penelitian. Abstrak ditulis dengan jelas dan singkat untuk membantu pembaca mendapatkan pemahaman tentang aspek-aspek baru dan penting tanpa membaca keseluruhan artikel.

  4. Kata kunci ditulis pada halaman yang sama dengan abstrak dipisahkan satu sama lain dengan titik koma (;). Harap gunakan 3-6 kata yang sesuai untuk membantu pengindeksan dan diurutkan berdasarkan alfabet.

  5. Naskah secara berurutan terdiri dari:
  • Pendahuluan: Pendahuluan berisi isu yang diangkat, penelitian sebelumnya, kesenjangan yang ditawarkan dalam penelitian dan tujuan dari penelitian. Rujukan bersumber dari 80% jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi dengan peringkat minimal Sinta 2, dan 20% sumber lain yang berupa prosiding, buku, dan lain-lain. Pendahuluan terdiri dari 3-5 paragraf dimana tiap paragraf terdiri dari 100-250 kata.
  • Metode: Metode terdiri atas konteks penelitian, desain penelitian yang ditawarkan, sampel data, prosedur pengembangan, teknik pengambilan dan analisa data. Berikan detail metode yang memadai termasuk perilaku etis.
  • Hasil dan pembahasan: Hasil menyatakan temuan utama penelitian alih-alih memberikan data dengan sangat rinci. Hasil harus jelas, singkat dan dapat dilaporkan pada teks atau grafik. Harap berikan pengantar untuk informasi yang disajikan pada setiap tabel atau gambar dengan narasi minimal 100-200 kata. Pembahasan harus mengeksplorasi dan mengulas kembali tujuan penelitian.
  • Kesimpulan
    Kesimpulan menjawab permasalahan atau tujuan penelitian, atau dapat juga menghasilkan sebuah teori/konsep baru berdasarkan fakta/analisis yang ada; Jangan ada pembahasan lagi di bagian Simpulan. Boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib). Tuliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering.  Jangan dibagi menjadi sub-bab simpulan dan sub-bab saran. Kesimpulan bisa dalam bentuk sintesis, implikasi, kelemahan riset atau riset yang akan datang.
  • Ucapan terima kasih (jika ada): Secara singkat mengakui penyandang dana penelitian, tetapi bukan anggota penulis.
  • Rujukan: Rujukan terdiri dari semua referensi yang digunakan untuk menulis artikel. Pastikan kutipan yang digunakan se kontemporer mungkin, termasuk kutipan dari tahun penulisan saat ini. Gunakan rujukan 5 tahun terakhir pada bidang sains dan 10 tahun terakhir pada bidang lainnya. Rujukan bersumber dari 80% jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi dengan peringkat minimal Sinta 2, dan 20% sumber lain yang berupa prosiding, buku, dan lain-lain.
  1. Setiap tabel diketik dalam 1 spasi. Jumlah tabel sistematis seperti yang disebutkan pada teks dan dilengkapi dengan judul pendek masing-masing. Berikan penjelasan tentang catatan kaki alih-alih pada judul. Tolong jelaskan pada catatan kaki semua informasi non-standar yang disebutkan dalam tabel. Total tabel tidak boleh lebih dari 6 tabel.

  2. Tata letak artikel harus ditulis dalam kertas A4 dengan margin minimal 2,5 untuk masing-masing menggunakan Microsoft Word, font Times New Roman dan spasi tunggal. Jumlah halaman maksimum adalah 10. Setiap halaman diberi nomor mulai dari judul hingga halaman terakhir artikel.

  3. Rujukan dan kutipan menggunakan style IEEE [1]. Kutipan langsung pada referensi harus menyertakan nomor halaman kutipan. Gaya IEEE berlaku dalam menulis artikel. Penulisan sitasi dan referensi disarankan menggunakan software mendeley desktop. Berikut panduan penggunaan software mendeley desktop untuk mengelola sitasi dan referensi.

    Contoh rujukan dari jurnal:
    Iacono, L., Garino, C. G., Marianetti, O., & Párraga, C. (2017). WSNs Data and Configuration Management in Sensor Clouds with Cloud File Synchronization Services. Journal Computer Science and Technology (JCST), 17(1), 1–11.

    Contoh rujukan dari buku:
    Dawson, C. W. (2015). Projects in Computing and Information Systems: A Student’s Guide (Vol. 2). Pearson. Retrieved from http://www.sentimentaltoday.net/National_Academy_Press/0321263553.Addison.Wesley.Publishing.Company.Projects.in.Computing.and.Information.Systems.A.Students.Guide.Jun.2005.pdf

    Contoh rujukan dari prosiding:
    Coonjah, I., Catherine, P. C., & Soyjaudah, K. M. S. (2016). Experimental performance comparison between TCP vs UDP tunnel using OpenVPN. 2015 International Conference on Computing, Communication and Security, ICCCS 2015, 15–19. https://doi.org/10.1109/CCCS.2015.7374133

  4. Ukuran file yang di-submit tidak boleh melebihi 2MB. Artikel ditulis dengan memodifikasi template jurnal.

  5. Pengiriman artikel dilakukan melalui halaman website Jurnal Teknologi Informasi Terapan (JTIT).