Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Asmaul Husna dengan Metode SAVI

  • Teguh Setiadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang
  • Febriyanti Darnis Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang
Keywords: Mobile Learning; Media Interaktif; Pembelajaran; Membaca asmaul husna; Metode SAVI

Abstract

Dunia pendidikan merupakan suatu metode dalam menyusun pembelajaran yang di lakukan dengan alat bantu belajar atau media pembelajaran konvensional. Pada alat bantu belajar yang selama ini untuk belajar mengajar masih kurang menarik menjadikan pembelajaran lebih monoton. Berbeda dengan metode untuk proses belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis komputer. Media tersebut sebagai pembejalaran interaktif dengan tekstual berisi audio dan visual gambar. Dalam keterbatasan cara untuk mengajarkan ke perserta didik guru dengan menggunakan gambar-gambar tulisan asmaul husna dalam bentuk karton maupun poster. Sehingga dalam penyampainnya dengan gambar yang menjadikan kurang menarik dalam proses belajar, hal ini disebabkan anak-anak tidak dapat mendengarkan contoh audio dari gambar yang dimaksud dan tidak dapat melihat visual asmaul husna tersebut. Di sisi lain TK Aisyah sangat berpotensi melakukan peningkatan di bidang belajar mengajar, salah satunya sudah ada komputer dan LCD proyektor. Karena di sana hal tersebut cukup mendukung penggunaan media interaktif untuk diterapkan pada TK Aisyah. Dalam melakukan perancangan tersebut menggunakan metode SAVI, yaitu Somatis, Auditori, Visual serta Intelektual. Prose dengan metode SAVI merupakan metode dalam proses dengan melibatkan pikiran anak dalam bentuk emosi dan indra dari anak. Dalam penelitian tersebut ialah untuk merancangn media bebasis mobile learning bagi siswa TK Aisyah untuk meningkatkan minat untuk belajar dikelas.

Published
2023-12-28
Section
Articles