PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBUATAN GAME TEBAK OBJEK BERBASIS ANDROID
Abstract
Seiring kemajuan teknologi banyak aplikasi sudah memanfaatkan teknologi yang disebut Augmented Reality, Augmented Reality merupakan suatu upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui computer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Augmented Reality atau yang biasa disebut dengan AR ini bukan merupakan sebuah teknologi baru, Teknologi ini telah ada yang mana sebelumnya diperkenalkan aplikasi Virtual Reality (VR) untuk pertama kalinya. Augmented Reality sendiri mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time dengan sistem. Penggunaan AR saat ini telah menyebar kesegala aspek didalam kehidupan kita dan diproyeksikan akan mengalami perkembangan yang signifikan untuk kedepannya. Hal ini dikarenakan penggunaan AR sangat menarik dan memudahkan penggunanya dalam mengerjakan suatu hal, AR sendiri banyak digunakan dalam berbagai hal contohnya pada bidang entertainment, bidang iklan dan juga banyak digunakan dalam dunia permainan (game).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem permainan yang melibatkan dua platform yaitu sistem scan marker mengenali objek dengan menggunakan tablet android dan sistem monitoring dengan menggunakan aplikasi yang diciptakan berjalan pada desktop.Penelitian ini berupa rancang bangun sistem permainan yang diimplementasikan dalam ajang acara pameran, dan melibatkan banyak peserta bergantian. Permainan yang melibatkan beberapa perangkat dan platform dengan tujuan akhir jawaban yang paling benar atau poin tertinggi terakumulasi dari beberapa bagian dalam permainan ini. Permainan ini bertumpuh dari tebak objek yang dilakukan menggunakan perangkat tablet android menggunakan teknologi Augmented Reality terdiri dari 4 stage menggunakan konsep single dan multimarker dalam pengambilan gambarnya, menterjemahkan makna dari hasil objek yang ditemukan dari keempat bagian tersebut menjadi satu kalimat bermakna dan dicocokkan dengan database pada sistem monitoring berbasis desktop dari pihak panitia. Aplikasi yang diciptakan ini diberi nama STIKI ARGame..
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) and Department of Information Technology, Politeknik Negeri Jember as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. Authors should sign a copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) prior to the publication. The copyright transfer agreement can be download here .
Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) and Department of Information Technology, Politeknik Negeri Jember and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.