Pengembangan Sistem Informasi Geografis Lokasi Bencana Di Perkotaan Dan Pencarian Jalur Evakuasi Dengan Algoritma A*

  • Erfan Rohadi
  • Siti Muzdalifatus Sa’adah Politeknik Negeri Malang
  • Yan Watequlis Syaifudin Politeknik Negeri Malang

Abstract

Perubahan iklim atau pemanasan global, banyak mengakibatkan bencana. Dimana pada masing-masing wilayah memiliki potensi bencana, termasuk di wilayah Kota Malang. Jenis bencana yang rawan terjadi di wilayah Kota Malang meliputi banjir, tanah longsor, dan kebakaran.

Terjadinya bencana harus segera dilakukan evakuasi ke titik evakuasi terdekat. Untuk menuju ke suatu titik evakuasi, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat menemui kendala, yaitu dalam menentukan titik evakuasi yang terdekat beserta jalur terpendeknya. Kendala lainnya yaitu adanya beberapa titik lokasi kemacetan di ruas jalan tertentu. Kepadatan arus lalu lintas dapat menghambat proses evakuasi oleh TRC BPBD maupun masyarakat untuk menuju ke tempat evakuasi bencana.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan Algoritma A* (A Star) . Aplikasi ini diharapkan dapat membantu Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang untuk mengetahui titik evakuasi terdekat beserta jalur mana yang harus dilewati, sehingga proses evakuasi dapat dilakukan dengan cepat agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan dalam penerapan Algoritma A* untuk pencarian jalur evakuasi, mempunyai akurasi sebesar 100%, yang berarti aplikasi yang dikembangkan dapat digunakan untuk menentukan jalur evakuasi bencana.

Published
2019-08-31
Section
Articles