Simulasi Pembelajaran Berternak Burung Puyuh Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android
Abstract
Simulation game merangkum suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan manusia kedalam bentuk game dimana terjadi suatu proses pembelajaran dan timbal balik yang diberikan oleh pengguna dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Aplikasi yang dibangun berbentuk simulasi sebagai media pembelajaran mengenai cara berternak burung puyuh. Pembelajaran meliputi proses penetasan telur hingga pada masa burung puyuh telah afkir atau tidak dapat memproduksi telur lagi. Pada aplikasi ini diimplementasikan kecerdasan buatan dengan metode Finite State Machine (FSM) agar mempermudah dalam mengatur perilaku dari objek saat terjadi perubahan keadaan atau kondisi selama proses pemeliharaan pembudidayaan burung puyuh. Dari hasil pengujian blackbox aplikasi telah berjalan dengan baik dan dari hasil kuesioner yang telah disebarkan, diperoleh bahwa aplikasi sudah baik untuk di terapkan dengan prosentase sebesar 77,7%. Hasil pengujian whitebox yang dilakukan dengan membandingkan proses permainan pemeliharaan dengan struktur rancangan menggunakan metode FSM berjalan dengan baik. Dengan demikian, Hasil dari aplikasi ini dapat dijadikan media pembelajaran bagi pengguna yang akan dan atau telah berternak burung puyuh sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan untuk diterapkan pada saat berternak burung puyuh.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) and Department of Information Technology, Politeknik Negeri Jember as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. Authors should sign a copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) prior to the publication. The copyright transfer agreement can be download here .
Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) and Department of Information Technology, Politeknik Negeri Jember and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.