Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 11-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • Artikel dikirimkan tanpa menyertakan nama penulis untuk kepentingan double blind review.

Author Guidelines

  1. Halaman judul. Ini termasuk: judul naskah, nama lengkap tanpa gelar akademik dan profesional dengan koma di antara nama. Angka (1) digunakan untuk menunjuk penulis yang sesuai, afiliasi kelembagaan, alamat pos dan email masing-masing penulis.
  2. Abstrak untuk artikel penelitian, tinjauan pustaka, dan studi kasus harus menggunakan maksimal 200 kata. Artikel penelitian harus terdiri dari latar belakang, tujuan, studi pustaka, metode, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis dengan jelas dan singkat untuk membantu pembaca mendapatkan pemahaman tentang aspek-aspek baru dan penting tanpa membaca keseluruhan artikel. Kata kunci ditulis pada halaman yang sama dengan abstrak dipisahkan satu sama lain dengan koma (,). Harap gunakan maksimal 5 kata yang sesuai untuk membantu pengindeksan.

  3. Naskah secara berurutan terdiri dari:
  • Pendahuluan: Pendahuluan adalah Latar belakang menyediakan state of the art penelitian dan terdiri dari latar belakang yang memadai, penelitian sebelumnya untuk merekam solusi/metode yang ada untuk menunjukkan mana yang terbaik, dan keterbatasan dari penelitian sebelumnya, untuk menunjukkan manfaat ilmiah atau hal baru dari artikel ini. Hindari survei literatur terperinci atau ringkasan hasil.

  • Tinjauan Pustaka: Tinjauan Pustaka berisi literature review yang dijadikan rujukan. Tinjauan pustaka lebih diutamakan bersumber dari jurnal yang dipublikasikan maksimal 5 tahun terakhir.

  • Metode: Metode terdiri dari desain penelitian, tempat dan waktu penelitian, populasi dan sampel, pengukuran data dan metode analisis data. Berikan detail metode yang memadai termasuk perilaku etis.

  • Hasil: Hasil menyatakan temuan utama penelitian alih-alih memberikan data dengan sangat rinci. Hasil harus jelas, singkat dan dapat dilaporkan pada teks atau grafik. Harap berikan pengantar untuk informasi yang disajikan pada tabel atau gambar.

  • Diskusi atau pembahasan: Diskusi harus mengeksplorasi pentingnya hasil penelitian. Komponen-komponen berikut harus dibahas dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian latar belakang (apa)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang dilaporkan penyelidik lain (apa lagi)? Atau ada perbedaan?

  • Kesimpulan
    Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian yang mengatakan seberapa maju hasilnya dari kondisi       pengetahuan saat ini. Kesimpulan harus jelas untuk mengetahui apakah pantas dipublikasikan di jurnal atau tidak. Berikan justifikasi ilmiah yang jelas dan tunjukkan kemungkinan aplikasi dan ekstensi. Rekomendasi juga harus ditunjukkan untuk menyarankan penelitian di masa depan dan implikasi dalam bidang teknologi informasi dan terapan.

  • Pengakuan (jika ada): Secara singkat mengakui penyandang dana penelitian, dan setiap peserta penelitian di bagian ini.

  • Referensi: Referensi terdiri dari semua referensi yang digunakan untuk menulis artikel. Pastikan kutipan yang digunakan se kontemporer mungkin, termasuk kutipan dari tahun penulisan saat ini. Hapus kutipan literatur yang lebih lama (lebih dari 5 tahun) kecuali ini adalah pusat studi Anda. Referensi harus menghindari penggunaan kutipan sekunder (jika perlu gunakan maks 20% dari kutipan).
  1. Setiap tabel diketik dalam 1 spasi. Jumlah tabel sistematis seperti yang disebutkan pada teks dan dilengkapi dengan judul pendek masing-masing. Berikan penjelasan tentang catatan kaki alih-alih pada judul. Tolong jelaskan pada catatan kaki semua informasi non-standar yang disebutkan dalam tabel. Total tabel tidak boleh lebih dari 6 tabel.

  2. Tata letak artikel harus ditulis dalam kertas A4 dengan margin minimal 2,5 untuk masing-masing menggunakan Microsoft Word, font Times New Roman dan spasi tunggal. Jumlah halaman maksimum adalah 10. Setiap halaman diberi nomor mulai dari judul hingga halaman terakhir artikel.

  3. Referensi dan kutipan menggunakan style IEEE [1]. Kutipan langsung pada referensi harus menyertakan nomor halaman kutipan. Gaya IEEE berlaku dalam menulis artikel. Penulisan sitasi dan referensi disarankan menggunakan software mendeley desktop. Berikut panduan penggunaan software mendeley desktop untuk mengelola sitasi dan referensi.

  4. Ukuran file yang di-submit tidak boleh melebihi 2MB.

  5. Pengiriman artikel dilakukan melalui halaman website Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT).

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.